jenis alat safety pekerja kapal

Pada kesempatan ini, kami, team penulis, akan membagikan informasi bermanfaat seputar pentingnya mengenal alat pelindung diri atau biasa disebut juga dengan istilah alat safety. Secara umum, ini terdiri dari banyak jenis alat safety, dan masing-masing jenis memiliki fungsi yang berbeda.

Model, bentuk, bahan, dan elemen pendukung tiap jenis alat safety juga berbeda, tergantung pada jenis pekerjaan yang dikerjakan. Misal, alat safety yang dipakai oleh para pekerja konstruksi akan berbeda dengan alat safety yang dipakai oleh para pekerja di kapal.

Beruntungnya, semua jenis alat safety ini dijual bebas di berbagai toko alat safety yang tersebar di Indonesia. Nah, karena belum banyak orang yang tahu secara lengkap alat safety yang biasa dipakai oleh para pekerja kapal, kalian beruntung karena kali ini kami akan membahas topik ini secara detail. 

Jenis Alat Safety untuk Pekerja Kapal

Pakaian Pelindung 

Khusus untuk pekerja kapal, pakaian pelindung yang digunakan adalah coberall. Pakaian pelindung khusus ini berupa suit khusus yang dapat melindungi tubuh secara keseluruhan. Para pekerja kapal sering menamainya Boiler Suit atau Dangri. Sesuai dengan namanya, Boiler Suit mampu melindungi tubuh dari percikan pengelasan, percikan minyak panas, dan percikan material bersuhu tinggi lainnya. Oh iya, Boiler Suit ini hanya dapat dibeli toko alat safety khusus kapal saja.

Helm, Jenis Alat Safety Kepala

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Sudah seharusnya bagian ini mendapat perlindungan ekstra dengan helm khusus. Helm khusus pekerja kapal ini biasanya dibuat dari bahan plastik keras berkualitas yang tahan terhadap benturan keras. Helm macam ini juga dilengkapi dengan tali dagu agar helm tetap di tempat meski terkena angin kencang. Helm ini juga tersedia di banyak toko alat safety yang juga jual Boiler Suit. 

Sepatu Safety

Ada juga sepatu safety yang menjadi alat safety wajib bagi para pekerja kapal di bagian kargo dan mesin. Sepatu safety ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan sepatu safety pada umumnya. Sepatu jenis ini dibuat dari bahan logam keras. Karena terbuat dari bahan logam, sepatu ini sangat berat dan kurang nyaman saat dikenakan. Kerasnya permukaan pada sepatu ini menjadikan kaki pemakainya terlindungi dengan sangat baik, baik dari risiko cedera maupun luka terbuka akibat terkena benda tajam atau benturan benda keras. 

Baca juga: Macam-macam Sekoci Kapal dan Perlengkapan Penolong

Sarung Tangan

Ada banyak jenis sarung tangan yang tersedia untuk para pekerja kapal. Masing-masing jenis dipakai untuk fungsi yang berbeda. Sarung tangan tahan panas adalah salah satu jenis sarung tangan yang sudah pasti ada di kapal. Sarung tangan ini wajib dipakai oleh para pekerja yang bekerja di area permukaan kapal yang mana area ini adalah area yang paling sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Ada juga jenis sarung tangan kapas untuk keperluan pekerjaan biasa atau pekerjaan normal. Jenis sarung tangan lainnya adalah sarung tangan las dan sarung tangan anti bahan-bahan kimia. Dari namanya saja kita bisa menebak fungsi dari masing-masing sarung tangan tersebut. Jika kalian penasaran dengan beberapa jenis sarung tangan ini, kalian bisa cek di toko alat safety online. Ada banyak varian sarung tangan safety lainnya yang terdapat pada toko online alat safety. 

Googles

Googles adalah alat pelindung mata khusus. Mata, sebagai organ yang paling sensitif pada tubuh, wajib mendapat perlindungan ekstra ketika akan memulai pekerjaan yang berisiko. Tanpa Googles, potensi mata cedera cukup besar dan dapat berakibat fatal. Ada cukup banyak model dan bahan untuk jenis kacamata pelindung ini. silahkan kalian bisa cek sendiri di toko alat safety terdekat. 

Ear Plug

Sekedar informasi, di ruang bermesin seperti kapal, biasanya kapal menghasilkan suara berfrekuensi 110-120db. Level frekuensi ini tentu sangat memekakan telinga manusia. Hanya dengan beberapa menit saja, kepala akan terasa pusing dan lebih parahnya lagi dapat mengalami gangguan pendengaran apabila mendengar suara dengan kekuatan frekuensi sebesar ini. Karena itu, para pekerja kapal, terutama yang bertugas di ruang mesin, wajib mengenakan ear plug dengan tujuan agar alat pelindung telinga ini setidaknya dapat meredam suara bising akibat suara mesin. 

Safety Harness

Safety Harness juga sangat penting untuk para pekerja kapal. Salah satu jenis pekerjaan yang paling sering dikerjakan oleh para pekerja kapal adalah pengecatan dan perbaikan kapal. Tentunya ada bagian-bagian kapal yang memiliki ketinggian sekian meter untuk dicat atau diperbaiki. Untuk menjangkau bagian-bagian yang tinggi, para pekerja wajib memakai safety harness agar aman ketika sedang mengerjakan tugas mereka. 

Chemical Suit & Welding Perisai

Pembuatan kapal, pengecatan, dan perbaikan kapal tentu menggunakan bahan kimia. Dan pastinya bahan-bahan kimia ini tidak aman apabila langsung mengkontaminasi kulit atau masuk ke saluran pernafasan via udara yang terhirup oleh para pekerja kapal. Nah, agar terhindar dari risiko ini, para pekerja wajib memakai chemical suit yang juga dapat dibeli di toko alat safety. 

Sementara itu, welding perisai adalah adalah perisai khusus yang biasa digunakan sebagai alat pelengkap suit yang dipakai ketika sedang mengelas. Perisai ini efektif untuk mencegah percikan api las mengenai area wajah, khususnya mata.